Jumat, 18 Desember 2015

Silabus Seni Tari dan Drama untuk Anak SD




Silabus Mata Kuliah


Identitas Mata Kuliah            
Kode Mata Kuliah      : GD108
Nama Mata Kuliah      : Pendidikan Seni Tari dan Drama
Bobot                          : 2 Sks
Rumpun                      : Mata Kuliah Dasar Khusus
Dosen                          : Hayani Wulandari, M.Pd.
Waktu                         : 6 Pertemuan

Standar Kompetensi
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian, pengetahuan dasar, bereksplorasi serta berapresiasi tari dan drama.

Lingkup Materi
Materi dan bahan perkuliahan Pendidikan Seni Tari dan Drama adalah materi yang dapat menunjang mahasiswa untuk mengenal dan melakukan eksplorasi dan apresiasi terhadap tari khususnya tari pendidikan serta drama.

Metode
Ekspositori, diskusi, tanya jawab, eksplorasi, apresiasi

Sumber
Sekarningsih, F. (2006). Kajian Lanjutan Pembelajaran Tari Dan Drama I. Bandung: UPI  PRESS
Nugraheni, Trianti.(2004). Metodologi Pengajaran Seni Talempong Dan Tari Piring Minangkabau. Bandung: P4ST UPI.
Hawkins, A. M. (1964). Creating Through Dance. USA: Prentice-Hall, INC.
Hinkley,  Coralie. (1980). Creativity In Dance. Australia: Alternative Publishing Co-operative Limited, Sydney.

Media
LCD Projectors








Rencana Perkuliahan
Pertemuan ke
Deskripsi
1
Pengertian, Pengetahuan Dasar Tari
2
Pengertian Tari Pendidikan
3
Ujian Tengah Semester Praktek Tari Pendidikan
4
Pengertian dan Pemahaman Dasar Drama
5
Praktek Drama
6
Ujian Akhir Semester Praktek Tari Pendidikan/ Drama


Evaluasi
Evaluasi nilai akhir dilakukan dengan mengacu pada pedoman evaluasi dengan bobot penilaian sebagai berikut :
10% kehadiran
20% tugas
30% UTS
40% UAS


















Satuan Acara Perkuliahan
 Pertemuan ke-1

Identitas mata kuliah
Kode Matakuliah        : GD108
Nama Matakuliah        : Pendidikan Seni Tari dan Drama
Bobot                          : 2 Sks
Rumpun                      : Matakuliah Dasar Khusus
Pokok Bahasan           : Pengertian, Pengetahuan Dasar Tari dan Tari Pendidikan
Dosen                          : Hayani Wulandari, M.Pd.
Waktu                         : 90 menit Perkuliahan

Standar Kompetensi
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian, pengetahuan dasar, bereksplorasi serta berapresiasi tari dan drama.

Kompetensi  Dasar
Setelah perkuliahan diharapkan:
·         Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dasar tari
·         Mahasiswa mampu menjelaskan pengetahuan dasar tari.
·         Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar tari pendidikan.

Metode
Ekspositori, diskusi, tanya jawab

Sumber
Sekarningsih, F. (2006). Kajian Lanjutan Pembelajaran Tari Dan Drama I. Bandung: UPI PRESS
Nugraheni, Trianti.(2004). Metodologi Pengajaran Seni Talempong Dan Tari Piring Minangkabau. Bandung: P4ST UPI.
Hawkins, A. M. (1964). Creating Through Dance. USA: Prentice-Hall, INC.
Hinkley,  Coralie. (1980). Creativity In Dance. Australia: Alternative Publishing Co-operative Limited, Sydney.


Media
LCD Projectors





Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan awal : (10 menit)
1.      Melakukan simulasi
2.      Menjelaskan tujuan bermain drama
3.      Dosen menyampaikan tujuan dan bahan pertemuan pertama
4.      Dosen menjelaskan strategis pembahasan

B.     Kegiatan inti  : (70 menit)
1.      Mahasiswa menyimak penjelasan pengertian dasar tari
2.      Mahasiswa menyimak penjelasan pengetahuan dasar tari
3.      Mahasiswa menyimak penjelasan pengertian tari pendidikan.

C.     Kegiatan akhir : (10 menit)
1.      Dosen melakukan refleksi terhadap kegiatan pertemuan yang telah berlangsung dan memberikan materi penunjang.
2.      Sebagai bahan evaluasi, Dosen mengajukan beberapa pertanyaan yang dijawab oleh mahasiswa.
3.      Dosen memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.




















Satuan Acara Perkuliahan
 Pertemuan ke-2


Identitas mata kuliah
Kode Matakuliah        : GD108
Nama Matakuliah        : Pendidikan Seni Tari dan Drama
Bobot                          : 2 Sks
Rumpun                      : Matakuliah Dasar Khusus
Pokok Bahasan           : Praktek Tari Pendidikan
Dosen                          : Hayani Wulandari, M.Pd.
Waktu                         : 90 menit Perkuliahan

Standar Kompetensi
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian, pengetahuan dasar, bereksplorasi serta berapresiasi tari dan drama.


Kompetensi  Dasar
Setelah perkuliahan diharapkan:
1.      Mahasiswa mampu memahami konsep tari pendidikan, bersumber pada gerak sehari-hari.
2.      Mahasiswa mampu memahami pendekatan yang dilakukan dalam pembelajaran seni tari disekolah dasar.

Metode
Ekspositori, Eksplorasi, Apresiasi

Sumber
Sekarningsih, F. (2006). Kajian Lanjutan Pembelajaran Tari Dan Drama I. Bandung: UPI PRESS
Nugraheni, Trianti.(2004). Metodologi Pengajaran Seni Talempong Dan Tari Piring Minangkabau. Bandung: P4ST UPI.
Hawkins, A. M. (1964). Creating Through Dance. USA: Prentice-Hall, INC.
Hinkley,  Coralie. (1980). Creativity In Dance. Australia: Alternative Publishing Co-operative Limited, Sydney.







Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan awal : (10 menit)
1.      Dosen menjelaskan aturan pertemuan dan gambaran umum matakuliah
2.      Menjelaskan tujuan pertemuan, target dan ruang lingkup materi dan memberikan motivasi.
3.      Dosen menyampaikan tujuan dan bahan pertemuan kedua

B.     Kegiatan inti  : (70 menit)
1.      Mahasiswa menyimak stimulus awal dengan konsep tari pendidikan, memberikan arahan tentang kegiatan yang dilakukan disekitar kita.
2.      Mahasiswa memahami terhadap pendekatan yang harus dilakukan dalam memberikan materi pelajaran seni tari.

C.     Kegiatan akhir : (10 menit)
1.      Dosen melakukan refleksi terhadap kegiatan pertemuan yang telah berlangsung dan memberikan materi penunjang.
2.      Sebagai bahan evaluasi, Dosen mengajukan beberapa pertanyaan yang dijawab oleh mahasiswa.





















Satuan Acara Perkuliahan
 Pertemuan ke-3



Identitas mata kuliah
Kode Matakuliah        : GD108
Nama Matakuliah        : Pendidikan Seni Tari dan Drama
Bobot                          : 2 Sks
Rumpun                      : Matakuliah Dasar Khusus
Pokok Bahasan           : Ujian Tengah Semester
Dosen                          : Hayani Wulandari, M.Pd.
Waktu                         : 90 menit Perkuliahan
Media                          : Gerak dengan iringan musik menggunakan hitungan







UJIAN   TENGAH   SEMESTER













Ujian Tengah Semester:
A.     Kegiatan Awal: (10 menit)
1.      Menjelaskan kegiatan praktek yang akan dilakukan.
2.      Menjelaskan tujuan pertemuan, target dan ruang lingkup materi dan memberikan motivasi.

B.     Kegiatan inti  : (70 menit)
1.      Mahasiswa dibagi kelompok disesuaikan dengan jumlah mahasiswa @ 9-10 orang.
2.      Mahasiswa mendengarkan penjelaskan tentang eksplorasi gerak yang akan dilakukan sebanyak lima gerakan, setiap geraknya terdiri dari 2x8 hitungan.
3.      Setiap kelompok mendapatkan  tema yang sudah ditentukan.
4.      Mahasiswa melakukan Eksplorasi gerak secara kelompok.
5.      Setiap kelompok menampilkan hasil garapannnya.

C.     Kegiatan akhir : (10 menit)
1.      Sebagai bahan evaluasi, Dosen memberikan ulasan tentang garapan yang telah dibuat secara keompok.

























Satuan Acara Perkuliahan
 Pertemuan ke-4

Identitas mata kuliah
Kode Matakuliah        : GD108
Nama Matakuliah        : Pendidikan Seni Tari dan Drama
Bobot                          : 2 Sks
Rumpun                      : Matakuliah Dasar Khusus
Pokok Bahasan           : Praktek Tari Pendidikan
Dosen                          : Hayani Wulandari, M.Pd.
Waktu                         : 90 menit Perkuliahan

Standar Kompetensi
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian, pengetahuan dasar, bereksplorasi serta berapresiasi tari dan drama.

Kompetensi  Dasar
Setelah perkuliahan diharapkan:
1.      Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pendidikan seni drama.
3.      Mahasiswa mampu menjelaskan ruang lingkup drama.
4.      Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik seni drama anak-anak.
5.      Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami materi pembelajaran drama di sekolah.


Metode
Ekspositori, diskusi, tanya jawab

Sumber
Sekarningsih, F. (2006). Kajian Lanjutan Pembelajaran Tari Dan Drama I. Bandung: UPI PRESS
Nugraheni, Trianti.(2004). Metodologi Pengajaran Seni Talempong Dan Tari Piring Minangkabau. Bandung: P4ST UPI.
Hawkins, A. M. (1964). Creating Through Dance. USA: Prentice-Hall, INC.
Hinkley,  Coralie. (1980). Creativity In Dance. Australia: Alternative Publishing Co-operative Limited, Sydney.


Media
LCD Projectors


Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan awal : (10 menit)
1.      Dosen menjelaskan aturan pertemuan dan gambaran umum mata kuliah
2. Menjelaskan tujuan pertemuan, target dan ruang lingkup materi dan memberikan motivasi.
3.      Dosen menyampaikan tujuan dan bahan pertemuan ke-4
4.      Dosen menjelaskan strategis pembahasan

B.     Kegiatan inti  : (70 menit)
1.      Mahasiswa memahami penjelasan konsep pendidikan seni drama.
2.      Mahasiswa memahami penjelasan ruang lingkup drama.
3.      Mahasiswa memahami penjelasan karakteristik seni drama anak-anak.
4.       Mahasiswa memahami materi pembelajaran drama di sekolah.

C.     Kegiatan akhir : (10 menit)
1.      Dosen melakukan refleksi terhadap kegiatan pertemuan yang telah berlangsung dan memberikan materi penunjang.
2.      Sebagai bahan evaluasi, Dosen mengajukan beberapa pertanyaan yang dijawab oleh mahasiswa.
3.      Dosen memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.





















Satuan Acara Perkuliahan
 Pertemuan ke-5

Identitas mata kuliah
Kode Matakuliah        : GD108
Nama Matakuliah        : Pendidikan Seni Tari dan Drama
Bobot                          : 2 Sks
Rumpun                      : Matakuliah Dasar Khusus
Pokok Bahasan           : Praktek drama  
Dosen                          : Hayani Wulandari, M.Pd.
Waktu                         : 90 menit Perkuliahan

Standar Kompetensi
Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat memahami pengertian, pengetahuan dasar, bereksplorasi serta berapresiasi tari dan drama.

Kompetensi  Dasar
Setelah perkuliahan diharapkan:
1.      Mahasiswa mampu mengenal pendekatan pembelajaran yang dilakukan dalam  drama.
2.      Mahasiswa mampu mencoba bermain drama anak-anak.


Metode
Ekspositori, diskusi, eksplorasi gerak, latihan.

Sumber
Sekarningsih, F. (2006). Kajian Lanjutan Pembelajaran Tari Dan Drama I. Bandung: UPI PRESS
Nugraheni, Trianti.(2004). Metodologi Pengajaran Seni Talempong Dan Tari Piring Minangkabau. Bandung: P4ST UPI.
Hawkins, A. M. (1964). Creating Through Dance. USA: Prentice-Hall, INC.
Hinkley,  Coralie. (1980). Creativity In Dance. Australia: Alternative Publishing Co-operative Limited, Sydney.


Media
LCD Projectors






Langkah-langkah Pembelajaran
A.    Kegiatan awal : (10 menit)
1.      Dosen menjelaskan aturan pertemuan praktek drama
2.      Menjelaskan tujuan pertemuan, target dan ruang lingkup materi dan memberikan motivasi.

B.     Kegiatan inti  : (70 menit)
Mahasiswa menampilkan drama yang sudah disiapkan secara kelompok.

C.     Kegiatan akhir : (10 menit)
1.      Dosen melakukan refleksi terhadap kegiatan pertemuan yang telah berlangsung.
2.      Dosen memberikan tugas untuk pertemuan selanjutnya.































Satuan Acara Perkuliahan
 Pertemuan ke-6

Identitas mata kuliah
Kode Matakuliah        : GD108
Nama Matakuliah        : Pendidikan Seni Tari dan Drama
Bobot                          : 2 Sks
Rumpun                      : Matakuliah Dasar Khusus
Pokok Bahasan           : Praktek Tari/Drama  
Dosen                          : Hayani Wulandari, M.Pd.
Waktu                         : 90 menit Perkuliahan










UJIAN   AKHIR  SEMESTER



















Ujian Akhir Semester
A.    Kegiatan awal : (10 menit)
1.      Pengarahan tentang pementasan yang akan berlangsung
2.      Persiapan media yang akan digunakan di dalam pementasan.

B.     Kegiatan inti  : (70 menit)
Mahasiswa menampilkan karyanya baik tari atau drama secara kelompok.

C.     Kegiatan akhir : (10 menit)
      Dosen melakukan refleksi terhadap pementasan yang telah berlangsung


Tidak ada komentar:

Posting Komentar